NAMA PENANGGUNG JAWAB UNIT LAYANAN

:

ONY WAHYU JATMIKO, AMd.Kep

Penanggung Jawab Ruang Pemeriksaan Umum

JENIS PELAYANAN

:

Pemeriksaan Umum

1.     DASAR HUKUM

 

:

1.     Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik (Lembaran Negara Tahun 2009 Nomor 112, Tambahan Lembaran Negara Nomor 5038);

2.     Permenkes nomor 43 Tahun 2019 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat.

3.     Peraturan Menteri Kesehatan No. 05 Tahun 2014 tentang Panduan Praktis Klinis bagi Dokter di Fasilitas Pelayanan Kesehatan Primer.

4.     Perda Sumenep Nomor 01 Tahun 2024 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah

2.     PERSYARATAN

:

Pasien sudah terdaftar di loket pendaftaran.

3.     SISTEM, MEKANISME, DAN PROSEDUR

 

 

:

1.         Petugas memanggil pasien sesuai urutan RM yang masuk ke Unit pelayanan

2.         Petugas melakukan anamnesa kepada pasien.

3.         Petugas melakukan pemeriksaan kepada pasien.

4.         Petugas melakukan pemeriksaan penunjang apabila diperlukan.

5.         Petugas memberikan rujukan ke Faskes Lanjutan (Rumah Sakit) apabila diperlukan.

6.         Petugas memberi resep obat.

7.         Petugas meminta Pasien atau keluarga untuk menyelesaikan administrasi di Loket (Untuk pasien UMUM)

8.         Pasien dipersilakan mengantre obat di Apotek.

4.     JANGKA WAKTU PELAYANAN

:

5-10 menit

5.    BIAYA/TARIF

 

 

:

1.     BPJS, Rp.0 (Gratis)

2.     UMUM, Sesuai Perda Sumenep Nomor 01 Tahun 2024 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah

6.     PRODUK PELAYANAN

 

 

 

 

:

1.     Mendapatkan pemeriksaan dan penjelasan tentang kondisi pasien serta mendapatkan penyuluhan/ KIE.

2.     Mendapatkan tindakan yang diperlukan.

3.     Mendapatkan resep oleh dokter sesuai dengan diagnosis.

4.     Mendapatkan surat keterangan sakit apabila diperlukan.

5.     Mendapatkan surat keterangan sehat apabila meminta surat keterangan sehat.

6.     Mendapatkan surat rujukan apabila diperlukan.

7.     PENANGANAN PENGADUAN, SARAN DAN MASUKAN

 

 

:

1.     Email : pusk.ambunten@gmail.com

2.     Google Form   : https://sukma.jatimprov.go.id/fe/survey?idUser=2612

3.     Telepon / WA  : 085236950520

4.     Kotak Saran

8.     SARANA PRASARANA/ FASILITAS

 

 

:

1.     Meja anamnesa dan kursi

2.     Tempat tidur periksa    

3.     Alat tindakan

4.     Bahan habis pakai

5.     Tensimeter

6.     Thermometer

7.     Stetoskop

8.     Senter

9.     Timbangan

10. Komputer dan Printer

9.     KOMPETENSI PELAKSANA

:

1.     Dokter Umum (S-1 Profesi Kedokteran).

2.     Perawat (Minimal D-3 Keperawatan)

10.   PENGAWASAN INTERNAL

 

 

:

Dilakukan oleh :

1.     Kepala Puskesmas

2.     Tim Mutu Puskesmas

3.   Tim Audit Internal Puskesmas

11.   JUMLAH PELAKSANA

 

:

1       Dokter

2       Perawat

12.   JAMINAN PELAYANAN

 

 

:

Pasien mendapatkan pelayanan sesuai standar operasional prosedur (SOP) yang telah ditetapkan dan diberikan oleh petugas yang berkompeten.

13.   JAMINAN KEAMANAN DAN KESELAMATAN PELAYANAN

:

1.     Keamanan, keselamatan, dan kenyamanan sesuai dengan 6 Sasaran Keselamatan Pasien.

2.  Pelayanan sangat diutamakan bebas dari pungutan liar.

14.   EVALUASI KINERJA PELAYANAN

:

1.     Mini Lokakarya Bulanan

2.     Survei Kepuasan Masyarakat

3.     Kotak Saran