NAMA PENANGGUNG JAWAB UNIT LAYANAN

:

DEVI PISCEYANTI, S.Farm.Apt

Penanggung Jawab Pelayanan Farmasi

JENIS PELAYANAN

:

Pelayanan Farmasi

1.     DASAR HUKUM

 

:

1.  Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik (Lembaran Negara Tahun 2009 Nomor 112, Tambahan Lembaran Negara Nomor 5038);

2.    Peraturan Menteri Kesehatan No. 74 Tahun 2016 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas

3.   Peraturan Menteri Kesehatan No. 33 Tahun 2019 tentang Panduan Perilaku interaksi Pelayanan Publik.

4.   Permenkes nomor 43 Tahun 2019 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat

5.  Perda Sumenep Nomor 01 Tahun 2024 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah

2.     PERSYARATAN

:

Pasien membawa resep dari poli atau unit layanan yang dituju.

3.     SISTEM, MEKANISME, DAN PROSEDUR

 

 

:

1.      Pasien atau keluarga pasien  menyerahkan resep kepada petugas apotek

2. petugas mempersilahkan pasien utk menunggu

3.         petugas memproses/ menyiapkan obat

4.petugas memanggil pasien/keluarga/pengantar

5. Petugas menjelaskan tentang aturan pemakaian obat

6.        petugas memastikan pasien atau keluarga mengerti atau paham

7. petugas memberikan obat kpd pasien/keluarga/pengantar

8.         Pasien pulang.

4.      JANGKA WAKTU PELAYANAN

:

1.     Resep Non Racikan : ≤ 30 menit

2.     Resep Racikan : ≤ 60 menit

5.    BIAYA/TARIF

 

:

1.     BPJS, Rp.0 (Gratis)

2.     UMUM, Sesuai Perda Sumenep Nomor 01 Tahun 2024 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah

6.     PRODUK PELAYANAN

:

1.     Pemberian Obat

2.     Pemberian Informasi Obat

a.     Dosis minum obat

b.     Waktu minum obat

c.     Cara minum obat

d.     Indikasi obat.

7.     PENANGANAN PENGADUAN, SARAN DAN MASUKAN

 

 

:

1.     Email : pusk.ambunten@gmail.com

2.     Google Form   : https://sukma.jatimprov.go.id/fe/survey?idUser=2612

3.     Telepon / WA  : 085236950520

4.     Kotak Saran

8.     SARANA PRASARANA/ FASILITAS

 

 

:

1.     Meja dan kursi

2.    Ruang tunggu

3.     Komputer dan Printer

4.     Alat tulis kantor

5.     Alat penghalus obat racikan (blender, mortar dan alat penumbuk)

6.     Alat kelengkapan farmasi lainnya (plastik, etiket,kertas obat racikan, dll)

9.     KOMPETENSI PELAKSANA

:

1.     Apoteker (S-1 Profesi Apoteker)

2.     asisten aPOTEKER

3.     Petugas administrasi (Minimal SMA/sederajat)

10. PENGAWASAN INTERNAL

 

 

:

Dilakukan oleh :

1.     Kepala Puskesmas

2.     Tim Mutu Puskesmas

3.     Tim Audit Internal Puskesmas

11. JUMLAH PELAKSANA

 

:

1.     Apoteker (S-1 Profesi Apoteker)

2.     Petugas administrasi (Minimal SMA/sederajat)

12. JAMINAN PELAYANAN

 

 

:

Pasien mendapatkan pelayanan sesuai standar operasional prosedur (SOP) yang telah ditetapkan dan diberikan oleh petugas yang berkompeten.

13. JAMINAN KEAMANAN DAN KESELAMATAN PELAYANAN

:

1.     Keamanan, keselamatan, dan kenyamanan sesuai dengan 6 Sasaran Keselamatan Pasien.

2.  Pelayanan sangat diutamakan bebas dari pungutan liar.

14. EVALUASI KINERJA PELAYANAN

:

1.     Mini Lokakarya Bulanan

2.     Survei Kepuasan Masyarakat

3.     Kotak Saran