NAMA PENANGGUNG JAWAB UNIT LAYANAN

:

Drg. FINI OKTAVIA

Penanggung Jawab Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut

JENIS PELAYANAN

:

Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut

1.     DASAR HUKUM

 

:

1.     Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik (Lembaran Negara Tahun 2009 Nomor 112, Tambahan Lembaran Negara Nomor 5038);

2.     Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 89 Tahun 2015 tentang Upaya Kesehatan Gigi dan Mulut

3.     Peraturan Menteri Kesehatan No. 33 Tahun 2019 tentang Panduan Perilaku interaksi Pelayanan Publik.

4.     Permenkes nomor 43 Tahun 2019 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat

5.     Perda Sumenep Nomor 01 Tahun 2024 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah

2.     PERSYARATAN

:

Pasien sudah terdaftar di loket pendaftaran.

3.     SISTEM, MEKANISME, DAN PROSEDUR

 

 

:

1.     Pasien dipanggil sesuai antrean.

2.     Pasien dipersilakan duduk di kursi perawatan.

3.     Pasien dilakukan anamnesa dan pemeriksaan sesuai keluhan.

4.     Pasien diberikan informasi mengenai tindakan yang akan dilakukan.

5.     Pasien diberikan pemeriksaan penunjang jika diperlukan.

6.     pasien mendapatka tindakan sesuai indikasi

7.     Pasien dirujuk ke Rumah Sakit jika diperlukan.

8.     Pasien mendapatkan tindakan sesuai kasus.

9.     Pemberian resep obat oleh dokter.

10. Petugas meminta Pasien atau keluarga untuk menyelesaikan administrasi di Loket (Untuk pasien UMUM)

11. Pengambilan resep ke apotek

4.      JANGKA WAKTU PELAYANAN

:

 10 - 15 menit, atau sesuai jenis tindakan yg dilakukan oleh petugas

5.    BIAYA/TARIF

 

 

:

1.     BPJS, Rp.0 (Gratis)

2.     UMUM, Sesuai Perda Sumenep Nomor 01 Tahun 2024 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah

6.     PRODUK PELAYANAN

:

1.     Pelayanan medis dan penyuluhan (KIE)

2.     Mendapatkan resep sesuai dengan diagnosis.

3.     Surat pengantar pemeriksaan laboratorium.

4.     Surat rujukan ke Rumah Sakit.

5.     Surat keterangan istirahat/ keterangan berobat karena sakit.

6.     Tindakan gigi.

7.     PENANGANAN PENGADUAN, SARAN DAN MASUKAN

 

 

:

1.     Email : pusk.ambunten@gmail.com

2.     Google Form   : https://sukma.jatimprov.go.id/fe/survey?idUser=2612

3.     Telepon / WA  : 085236950520

4.     Kotak Saran

8.     SARANA PRASARANA/ FASILITAS

 

 

:

1.     Meja dan kursi

2.     Dental unit

3.     Kompresor

4.     Tensimeter

5.     Stetoskop

6.     Timbangan badan

7.     Thermometer

8.     Sterilisator

9.     Alat tindakan

10. Komputer dan printer

9.     KOMPETENSI PELAKSANA

:

1       Dokter Gigi (S-1 Profesi Kedokteran Gigi)

2       Perawat Gigi (Minimal D-3 Keperawatan Gigi)

10. PENGAWASAN INTERNAL

 

 

:

Dilakukan oleh :

1.     Kepala Puskesmas

2.     Tim Mutu Puskesmas

3.     Tim Audit Internal Puskesmas

11   JUMLAH PELAKSANA

 

:

1. Dokter Gigi (S-1 Profesi Kedokteran Gigi)

1  Perawat Gigi (Minimal D-3 Keperawatan Gigi)

12   JAMINAN PELAYANAN

 

 

:

Pasien mendapatkan pelayanan sesuai standar operasional prosedur (SOP) yang telah ditetapkan dan diberikan oleh petugas yang berkompeten.

13   JAMINAN KEAMANAN DAN KESELAMATAN PELAYANAN

:

1.     Keamanan, keselamatan, dan kenyamanan sesuai dengan 6 Sasaran Keselamatan Pasien.

2.     Pelayanan sangat diutamakan bebas dari pungutan liar.

14. EVALUASI KINERJA PELAYANAN

:

1.     Mini Lokakarya Bulanan

2.     Survei Kepuasan Masyarakat

3.     Kotak Saran