NAMA PENANGGUNG JAWAB UNIT LAYANAN

:

EKO WAHYUNI, AMd.Keb

Penanggung Jawab Pelayanan Persalinan

JENIS PELAYANAN

:

Pelayanan Persalinan

1.     DASAR HUKUM

 

:

1.  Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 21 Tahun 2021 tentang penyelenggaraan pelayanan kesehatan masa sebelum hamil, masa hamil, persalinan, dan masa sesudah melahirkan, pelayanan kontrasepsi, dan pelayanan kesehatan seksual

2.     Instruksi Presiden (INPRES) tentang Peningkatan Akses Pelayanan Kesehatan bagi Ibu Hamil, Bersalin, Nifas, dan Bayi Baru Lahir Melalui Program Jaminan Persalinan.

3.   Permenkes nomor 43 Tahun 2019 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat

4.  Perda Sumenep Nomor 01 Tahun 2024 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah

2.     PERSYARATAN

:

1.     Pasien Umum

a.     Fotocopy KTP 1 lembar

b.     Fotocopy KK 1 lembar

2.     Pasien ASKES, BPJS-KIS

a. Fotocopy KTP 3 lembar

b. Fotocopy KK 3 lembar

c. Fotocopy BPJS 3 lembar

3.     SISTEM, MEKANISME, DAN PROSEDUR

 

 

:

1. Pasien datang ke Kamar bersalin Puskesmas.

2.  Keluarga pasien mendaftar di loket pendaftaran dengan membawa persyaratan yang diperlukan.

3.   Petugas melakukan anamnesa kepada pasien.

4.          Petugas melakukan pemeriksaan kepada pasien.

5.      Petugas melakukan inform consent kepada pasien.

6.       Petugas melakukan pemantauan kemajuan persalinan, apabila ada kegawatdaruratan maka akan dirujuk ke fasilitas kesehatan lanjutan.

7.      Petugas melakukan pertolongan persalinan kepada pasien.

8.  Petugas melakukan pemantauan post-partum, apabila ada kedaruratan maka dirujuk ke fasilitas kesehatan lanjutan.

9.         Petugas memberikan edukasi kepada ibu post-partum dan keluarganya.

10.      Petugas memberi resep obat.

11.  Pasien dipersilakan mengambil obat di Apotek.

12.  Petugas meminta Pasien atau keluarga untuk menyelesaikan administrasi di Loket (Untuk pasien UMUM)

4.     JANGKA WAKTU PELAYANAN

:

≥ 24 jam (tergantung kondisi pasien)

5.    BIAYA/TARIF

 

 

:

1.     BPJS, Rp.0 (Gratis)

2.     UMUM, Sesuai Perda Sumenep Nomor 01 Tahun 2024 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah

6.     PRODUK PELAYANAN

:

1.     Pelayanan untuk pertolongan persalinan normal.

2.     Palayanan kehamilan yang membutuhkan rawat inap

3.     Pelayanan kegawatan maternal dan perinatal sebelum dirujuk

4.     Pelayanan kasus Gynecologi

7.     PENANGANAN PENGADUAN, SARAN DAN MASUKAN

 

 

:

1.     Email : pusk.ambunten@gmail.com

2.     Google Form   : https://sukma.jatimprov.go.id/fe/survey?idUser=2612

3.     Telepon / WA  : 085236950520

4.     Kotak Saran

8.     SARANA PRASARANA/ FASILITAS

 

 

:

1.     Gyn Bed

2.     Partus-set

3.     Sterilisator

4.     Infant-warmer

5.     Incubator

6.     APD

7.     Oksigen

8.     Komputer

9.     Printer

10. Alat Tulis

9.     KOMPETENSI PELAKSANA

:

1.     Bidan (Minimal D-3 Kebidanan)

2.     Dokter Umum (S-1 Profesi Kedokteran)

10. PENGAWASAN INTERNAL

 

 

:

Dilakukan oleh :

1.     Kepala Puskesmas

2.     Tim Mutu Puskesmas

3.     Tim Audit Internal Puskesmas

11. JUMLAH PELAKSANA

 

:

1       Bidan

1       Dokter Umum

12. JAMINAN PELAYANAN

 

 

:

Pasien mendapatkan pelayanan sesuai standar operasional prosedur (SOP) yang telah ditetapkan dan diberikan oleh petugas yang berkompeten.

13. JAMINAN KEAMANAN DAN KESELAMATAN PELAYANAN

:

1.     Keamanan, keselamatan, dan kenyamanan sesuai dengan 6 Sasaran Keselamatan Pasien.

2.  Pelayanan sangat diutamakan bebas dari pungutan liar.

14. EVALUASI KINERJA PELAYANAN

:

1.     Mini Lokakarya Bulanan

2.     Survei Kepuasan Masyarakat

3.     Kotak Saran