NAMA
PENANGGUNG JAWAB UNIT LAYANAN |
: |
EKO
WAHYUNI, AMd.Keb Penanggung
Jawab Pelayanan Persalinan |
JENIS
PELAYANAN |
: |
Pelayanan
Persalinan |
1. DASAR
HUKUM
|
: |
1. Peraturan Menteri
Kesehatan Nomor 21 Tahun 2021 tentang penyelenggaraan pelayanan
kesehatan masa sebelum hamil, masa hamil, persalinan, dan masa sesudah
melahirkan, pelayanan kontrasepsi, dan pelayanan kesehatan seksual 2. Instruksi Presiden
(INPRES) tentang Peningkatan Akses Pelayanan Kesehatan bagi Ibu Hamil,
Bersalin, Nifas, dan Bayi Baru Lahir Melalui Program Jaminan Persalinan. 3. Permenkes
nomor 43 Tahun 2019 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat 4. Perda Sumenep Nomor 01 Tahun 2024 tentang
Pajak Daerah dan Retribusi Daerah |
2.
PERSYARATAN |
: |
1. Pasien
Umum a. Fotocopy
KTP 1 lembar b. Fotocopy
KK 1 lembar 2. Pasien
ASKES, BPJS-KIS a. Fotocopy KTP 3 lembar b. Fotocopy KK 3 lembar c. Fotocopy BPJS 3 lembar |
3.
SISTEM, MEKANISME, DAN PROSEDUR |
: |
1. Pasien datang ke Kamar bersalin
Puskesmas. 2. Keluarga pasien mendaftar di loket
pendaftaran dengan membawa persyaratan yang diperlukan. 3. Petugas melakukan anamnesa kepada
pasien. 4.
Petugas melakukan pemeriksaan kepada
pasien. 5. Petugas melakukan inform consent kepada
pasien. 6. Petugas melakukan pemantauan kemajuan
persalinan, apabila ada kegawatdaruratan maka akan dirujuk ke fasilitas
kesehatan lanjutan. 7. Petugas melakukan pertolongan persalinan
kepada pasien. 8. Petugas melakukan pemantauan
post-partum, apabila ada kedaruratan maka dirujuk ke fasilitas kesehatan
lanjutan. 9. Petugas memberikan edukasi kepada ibu
post-partum dan keluarganya. 10. Petugas
memberi resep obat. 11. Pasien
dipersilakan mengambil obat di Apotek. 12. Petugas
meminta Pasien atau keluarga untuk menyelesaikan administrasi di Loket (Untuk
pasien UMUM) |
4.
JANGKA WAKTU PELAYANAN |
: |
≥ 24
jam (tergantung kondisi pasien) |
5.
BIAYA/TARIF
|
: |
1. BPJS,
Rp.0 (Gratis) 2. UMUM,
Sesuai Perda Sumenep Nomor 01
Tahun 2024 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah |
6.
PRODUK PELAYANAN |
: |
1. Pelayanan
untuk pertolongan persalinan normal. 2. Palayanan
kehamilan yang membutuhkan rawat inap 3. Pelayanan
kegawatan maternal dan perinatal sebelum dirujuk 4. Pelayanan
kasus Gynecologi |
7.
PENANGANAN PENGADUAN, SARAN DAN MASUKAN
|
: |
1.
Email : pusk.ambunten@gmail.com 2.
Google Form : https://sukma.jatimprov.go.id/fe/survey?idUser=2612 3. Telepon
/ WA : 085236950520 4. Kotak
Saran |
8.
SARANA PRASARANA/ FASILITAS
|
: |
1. Gyn
Bed 2. Partus-set 3. Sterilisator 4. Infant-warmer 5. Incubator 6. APD 7. Oksigen 8. Komputer 9. Printer 10. Alat
Tulis |
9.
KOMPETENSI PELAKSANA |
: |
1. Bidan
(Minimal D-3 Kebidanan) 2. Dokter
Umum (S-1 Profesi Kedokteran) |
10. PENGAWASAN INTERNAL
|
: |
Dilakukan
oleh : 1. Kepala
Puskesmas 2. Tim
Mutu Puskesmas 3. Tim
Audit Internal Puskesmas |
11. JUMLAH PELAKSANA
|
: |
1 Bidan 1 Dokter
Umum |
12. JAMINAN PELAYANAN
|
: |
Pasien
mendapatkan pelayanan sesuai standar operasional prosedur (SOP) yang telah
ditetapkan dan diberikan oleh petugas yang berkompeten. |
13.
JAMINAN KEAMANAN DAN KESELAMATAN
PELAYANAN |
: |
1.
Keamanan,
keselamatan, dan kenyamanan sesuai dengan 6 Sasaran Keselamatan Pasien. 2. Pelayanan
sangat diutamakan bebas dari pungutan liar. |
14. EVALUASI KINERJA PELAYANAN |
: |
1. Mini
Lokakarya Bulanan 2. Survei
Kepuasan Masyarakat 3. Kotak
Saran |