NAMA PENANGGUNG JAWAB UNIT LAYANAN

:

RA. SITI NURUL FARIDA, SST

Penanggung Jawab Pelayanan Kesehatan Ibu, Anak dan KB

JENIS PELAYANAN

:

Pelayanan Kesehatan Ibu, Anak dan KB

1.     DASAR HUKUM

 

:

1.  Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik (Lembaran Negara Tahun 2009 Nomor 112, Tambahan Lembaran Negara Nomor 5038);

2. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 21 Tahun 2021 tentang penyelenggaraan pelayanan kesehatan masa sebelum hamil, masa hamil, persalinan, dan masa sesudah melahirkan, pelayanan kontrasepsi, dan pelayanan kesehatan seksual.

3.     Permenkes nomor 43 Tahun 2019 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat

4.     Perda Sumenep Nomor 01 Tahun 2024 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah

2.     PERSYARATAN

:

Pasien sudah terdaftar di loket pendaftaran.

3.     SISTEM, MEKANISME, DAN PROSEDUR

 

 

:

1. Pasien yg sdh terdaftar di loket pendaftaran, menunggu di ruang tunggu

2.Pasien dipanggil oleh petugas sesuai antrean RM yg masuk ke Unit Pelayanan

3.Petugas melakukan anamnesa kepada pasien.

4.Petugas melakukan pemeriksaan kepada pasien.

5.  Petugas melakukan pemeriksaan penunjang apabila diperlukan

6.  Petugas menjelaskan hasil Pemeriksaan.

7. Petugas melakukan tindakan medis apabila diperlukan

8. Petugas memberikan rujukan internal dan atau ke Faskes Lanjutan (Rumah Sakit) apabila diperlukan.

9. Petugas memberi resep obat kepada pasien

10.Petugas meminta Pasien atau keluarga untuk menyelesaikan administrasi di Loket (Untuk pasien UMUM)

11.  Pasien mengambil obat di Apotek.

4.     JANGKA WAKTU PELAYANAN

:

15 - 20 menit

5.    BIAYA/TARIF

 

 

:

1.     BPJS, Rp.0 (Gratis)

2.     UMUM, Sesuai Perda Sumenep Nomor 01 Tahun 2024 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah Masyarakat

6.     PRODUK PELAYANAN

:

1.   Mendapatkan pemeriksaan dan penjelasan tentang kondisi pasien.

2.     Mendapatkan tindakan yang diperlukan.

3.  Mendapatkan resep oleh bidan sesuai dengan diagnosis.

4.     Mendapatkan pelayanan Imunisasi

5.     Mendapatkan pelayanan USG oleh Dokter Umum pada Trimester 1 dan 3

6. Mendapatkan surat keterangan sakit apabila diperlukan.

7.     Mendapatkan surat rujukan apabila diperlukan.

8. Mendapatkan surat calon pengantin apabila diperlukan.

7.     PENANGANAN PENGADUAN, SARAN DAN MASUKAN

 

 

:

1.     Email : pusk.ambunten@gmail.com

2.     Google Form   : https://sukma.jatimprov.go.id/fe/survey?idUser=2612

3.     Telepon / WA  : 085236950520

4.     Kotak Saran

8.     SARANA PRASARANA/ FASILITAS

 

 

:

1.     Meja periksa

2.     Kursi petugas

3.     Kursi periksa

4.     Meja tindakan

5.     Alat tindaka

6.     Tensimeter

7.     Thermometer

8.     Senter

9.     Dopler

10. Metlin

11. Reflek patella

12. Tempat tidur (Gyn)

13. Bahan habis pakai

14. KB-set

15. Komputer

16. Printer

9.     KOMPETENSI PELAKSANA

:

1.     Dokter Umum (S-1 Profesi Kedokteran)

2.     Bidan (Minimal D-3 Kebidanan)

10.   PENGAWASAN INTERNAL

 

 

:

Dilakukan oleh :

1.     Kepala Puskesmas

2.     Tim Mutu Puskesmas

3.     Tim Audit Internal Puskesmas

11. JUMLAH PELAKSANA

 

:

1  Dokter Umum (sebagai Konsultan)

3       Bidan

12. JAMINAN PELAYANAN

 

 

:

Pasien mendapatkan pelayanan sesuai standar operasional prosedur (SOP) yang telah ditetapkan dan diberikan oleh petugas yang berkompeten.

13. JAMINAN KEAMANAN DAN KESELAMATAN PELAYANAN

:

1.     Keamanan, keselamatan, dan kenyamanan sesuai dengan 6 Sasaran Keselamatan Pasien.

2.  Pelayanan sangat diutamakan bebas dari pungutan liar.

14. EVALUASI KINERJA PELAYANAN

:

1.     Mini Lokakarya Bulanan

2.     Survei Kepuasan Masyarakat

3.     Kotak Saran