NAMA PENANGGUNG JAWAB UNIT LAYANAN

:

FAUZI, S.Kep.Ns

Penanggung Jawab Ruang Pendaftaran dan Rekam Medis

JENIS PELAYANAN

:

Ruang Pendaftaran dan Rekam Medis

1.   DASAR HUKUM

 

:

1.     Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik (Lembaran Negara Tahun 2009 Nomor 112, Tambahan Lembaran Negara Nomor 5038);

2.     Permenkes nomor 43 Tahun 2019 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat

3.     Permenkes nomor 209/MENKES/PER/III/2008 tentang Rekam Medis.

4.     Permenpan 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan

5.     Perda Sumenep Nomor 01 Tahun 2024 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah

2.    PERSYARATAN

 

 

:

1.     Kartu Identitas Diri  (KTP, KK )

2.     Kartu Jaminan Kesehatan (BPJS / KIS)

3.     Kartu Kunjungan

3.   SISTEM, MEKANISME, DAN PROSEDUR

 

 

:

1.     Pasien datang ke Puskesmas.

2.     Pasien dicek suhu tubuhnya dan diskrining untuk dikategorikan pasien umum atau fast-track.

3.     Pasien mengambil nomor antrean

4.     Pasien duduk menunggu panggilan dari loket pendaftaran sesuai dengan nomor urut antrean.

5.     Pasien menuju meja pendaftaran untuk melakukan registrasi dengan membawa kartu identitas diri atau kartu jaminan kesehatan atau melakukan pembayaran untuk pasien non JKN.

6.     Pasien menuju ke poli yang dituju dan menunggu giliran untuk diperiksa.

7.     Petugas menyediakan dan mendistribusikan rekam medis ke masing – masing poli.

4.   JANGKA WAKTU PELAYANAN

:

5 – 10 menit

5.   BIAYA/TARIF

 


1.     BPJS, Rp.0 (Gratis) dan atau masuk UHC

2.     UMUM, Sesuai Perda Sumenep Nomor 01 Tahun 2024 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah :

6.   PRODUK PELAYANAN

 

:

Pelayanan pendaftaran pasien/ pengguna layanan kesehatan.:

1.     Registrasi pasien baru dan kartu pasien baru

2.     Registrasi pasien Lama

7.     PENANGANAN PENGADUAN, SARAN DAN MASUKAN

 

 

:

1.     Email   : pusk.ambunten@gmail.com

2.     Google Form   : https://sukma.jatimprov.go.id/fe/survey?idUser=2612

3.     Telepon / WA  : 085236950520

4.     Kotak Saran

8.     SARANA PRASARANA/ FASILITAS

 

 

:

1.     Nomer antrian

2.     Kursi tunggu pasien

3.     Meja pendaftaran

4.     Kursi pendaftaran

5.     Komputer dan printer

6.     Alat tulis kantor

7.     Buku register pasien

8.     Banner Tarif Pelayanan

9.    KOMPETENSI PELAKSANA

 

 

:

1.     Petugas pendaftaran berpendidikan minimal SLTA.

2.     Petugas Rekam Medis berpendidikan D-3 Rekam Medis dan Informasi Kesehatan.

10.   PENGAWASAN INTERNAL

 

 

:

Dilakukan oleh :

1.   Kepala Puskesmas

2.  Tim Mutu Puskesma

3. Tim Audit Internal Puskesmas

11.   JUMLAH PELAKSANA

 

:

1. Petugas pendaftaran 3 orang

2. Petugas rekam medis 1 orang

12.   JAMINAN PELAYANAN

 

 

:

Pasien mendapatkan pelayanan sesuai standar operasional prosedur (SOP) yang telah ditetapkan dan diberikan oleh petugas yang berkompeten.

13.   JAMINAN KEAMANAN DAN KESELAMATAN PELAYANAN

:

Tim PKMP (Perbaikan Mutu dan Keselamatan Pasien).

14.   EVALUASI KINERJA PELAYANAN

:

1.     Mini Lokakarya Bulanan

2.     Survei Kepuasan Masyarakat

3.     Kotak Saran