NAMA
PENANGGUNG JAWAB UNIT LAYANAN |
: |
FAUZI,
S.Kep.Ns Penanggung
Jawab Ruang Pendaftaran dan Rekam Medis |
JENIS
PELAYANAN |
: |
Ruang
Pendaftaran dan Rekam Medis |
1. DASAR
HUKUM
|
: |
1. Undang-Undang Nomor 25
Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik (Lembaran
Negara Tahun 2009 Nomor 112, Tambahan Lembaran Negara Nomor 5038); 2. Permenkes
nomor 43 Tahun 2019 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat 3. Permenkes nomor 209/MENKES/PER/III/2008
tentang Rekam Medis. 4. Permenpan 15 Tahun 2014 tentang Pedoman
Standar Pelayanan 5. Perda Sumenep Nomor 01 Tahun 2024 tentang
Pajak Daerah dan Retribusi Daerah |
2.
PERSYARATAN
|
: |
1. Kartu
Identitas Diri (KTP, KK ) 2. Kartu
Jaminan Kesehatan (BPJS / KIS) 3. Kartu
Kunjungan |
3.
SISTEM, MEKANISME, DAN PROSEDUR |
: |
1. Pasien
datang ke Puskesmas. 2. Pasien
dicek suhu tubuhnya dan diskrining untuk dikategorikan pasien umum atau
fast-track. 3. Pasien
mengambil nomor antrean 4. Pasien
duduk menunggu panggilan dari loket pendaftaran sesuai dengan nomor urut
antrean. 5. Pasien
menuju meja pendaftaran untuk melakukan registrasi dengan membawa kartu
identitas diri atau kartu jaminan kesehatan atau melakukan pembayaran untuk
pasien non JKN. 6. Pasien
menuju ke poli yang dituju dan menunggu giliran untuk diperiksa. 7. Petugas
menyediakan dan mendistribusikan rekam medis ke masing – masing poli. |
4.
JANGKA WAKTU PELAYANAN |
: |
5 –
10 menit |
5.
BIAYA/TARIF |
|
1. BPJS,
Rp.0 (Gratis) dan atau masuk UHC 2. UMUM, Sesuai Perda Sumenep Nomor 01 Tahun 2024 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah : |
6.
PRODUK PELAYANAN |
: |
Pelayanan
pendaftaran pasien/ pengguna layanan kesehatan.: 1. Registrasi
pasien baru dan kartu pasien baru 2. Registrasi
pasien Lama |
7.
PENANGANAN PENGADUAN, SARAN DAN MASUKAN
|
: |
1. Email : pusk.ambunten@gmail.com 2. Google
Form : https://sukma.jatimprov.go.id/fe/survey?idUser=2612 3. Telepon
/ WA : 085236950520 4. Kotak
Saran |
8. SARANA PRASARANA/ FASILITAS
|
: |
1. Nomer
antrian 2. Kursi
tunggu pasien 3. Meja
pendaftaran 4. Kursi
pendaftaran 5. Komputer
dan printer 6. Alat
tulis kantor 7. Buku
register pasien 8. Banner
Tarif Pelayanan |
9. KOMPETENSI PELAKSANA
|
: |
1. Petugas
pendaftaran berpendidikan minimal SLTA. 2. Petugas
Rekam Medis berpendidikan D-3 Rekam Medis dan Informasi Kesehatan. |
10. PENGAWASAN INTERNAL
|
: |
Dilakukan
oleh : 1. Kepala
Puskesmas 2. Tim Mutu Puskesma 3. Tim Audit Internal Puskesmas |
11. JUMLAH PELAKSANA
|
: |
1.
Petugas pendaftaran 3 orang 2.
Petugas rekam medis 1 orang |
12. JAMINAN PELAYANAN
|
: |
Pasien
mendapatkan pelayanan sesuai standar operasional prosedur (SOP) yang telah
ditetapkan dan diberikan oleh petugas yang berkompeten. |
13.
JAMINAN KEAMANAN DAN
KESELAMATAN PELAYANAN |
: |
Tim PKMP (Perbaikan Mutu dan
Keselamatan Pasien). |
14. EVALUASI KINERJA PELAYANAN |
: |
1. Mini
Lokakarya Bulanan 2. Survei
Kepuasan Masyarakat 3. Kotak
Saran |