NAMA PENANGGUNG JAWAB UNIT LAYANAN

:

SUFIYAHARUM KISMAWARNI, AMd.AK

Penanggung Jawab Pelayanan Laboratorium

JENIS PELAYANAN

:

Pelayanan Laboratorium

1.     DASAR HUKUM

 

:

1.  Peraturan Menteri Kesehatan No. 43 Tahun 2013 tentang Cara Penyelenggaraan Laboratorium Klinik yang Baik.

2.  Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No.411/MENKES/PER/III/2010.tentang Laboratorium Klinik.

3.  Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No.364/MENKES/SK/III/2003.tentang Laboratorium Kesehatan.

4.   Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 37 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Laboratorium Pusat Kesehatan Masyarakat.

5.  Permenkes nomor 43 Tahun 2019 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat

6.  Perda Sumenep Nomor 01 Tahun 2024 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah

2.     PERSYARATAN

:

Pasien telah melaksanakan/ melaui tahapan prosedur pemeriksaan dengan telah mendapatkan Formulir Permintaan Pemeriksaan (FPP) dari pelayanan unit terkait

3.     SISTEM, MEKANISME, DAN PROSEDUR

 

 

:

1. Petugas memanggil pasien (lansia diprioritaskan).

2. Petugas melakukan identifikasi dan dokumentasi Formulir Permintaan Pemeriksaan

3.     Petugas melakukan pengambilan sampel sesuai Formulir Permintaan Pemeriksaan 

4.  Petugas mempersilakan pasien untuk menunggu hasil pemeriksaan.

5.    Petugas memberikan hasil pemeriksaan kepada pasien.

4.     JANGKA WAKTU PELAYANAN

:

1. Hematologi/Darah Lengkap (Analiser)    30 mnt

2. Hemoglobin/HB stik                                 15 mnt

3. Golongan Darah                                      30 mnt

4. Rhesus                                                    30 mnt

5. Gula Darah                                              60 mnt

6. Gula darah stik                                        30 mnt

7. Cholesterol Total                                     60 mnt

8. Cholesterol stik                                        30 mnt

9. Trigliserida                                               60 mnt

10. Asam Urat                                             60 mnt

11. Asam Urat stik                                       30 mnt

12. HDL                                                       60 mnt

13. LDL                                                        60 mnt

14. SGOT/SGPT                                         60 mnt

15. Urea Kreatinin                                       60 mnt

16. Rapid Antigen                                         1 Jam

17. Rapid Antibodi                                        1 Jam

18. Urine Lengkap                                         1 jam

19. Sedimen                                                 1 Jam

20. Widal                                                     30 mnt

21. Tes Kehamilan                                      30 mnt

22. HbsAg                                                     1 Jam

23. Rapid HIV                                               1 Jam

24. Siphilis                                                    1 Jam

25. BTA                                                         1 hari

26. TCM                                                        2 hari

5.    BIAYA/TARIF

 

 

:

1.     BPJS, Rp.0 (Gratis)

2.     UMUM, Sesuai Perda Sumenep Nomor 01 Tahun 2024 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah

6.     PRODUK PELAYANAN

:

Pemeriksaan Laboratorium Klinik

7.     PENANGANAN PENGADUAN, SARAN DAN MASUKAN

 

 

:

1.     Email : pusk.ambunten@gmail.com

2.     Google Form   : https://sukma.jatimprov.go.id/fe/survey?idUser=2612

3.     Telepon / WA  : 085236950520

4.     Kotak Saran

8.     SARANA PRASARANA/ FASILITAS

 

 

:

1.     Ruang Laboratorium

2.     Alat komunikasi

3.     Pengaman dan stabilizer alat listrik (UPS)

4.     APD

5.     Perangkat sampling

6.     Centrivuge

7.     Rotate Mixer

8.     Fotometer

9.     Hematologi Analizer

10. Mikroskop Binokuler

11. Sterilisator

12. Safety Cabinet

13. Refrigerator

14. Genexpert

15. Meja Pelayanan

16. Komputer

17. Printer

18. Alat Tulis Kantor

9.     KOMPETENSI PELAKSANA

:

Ahli Teknologi Laboratorium Medik (ATLM) dengan pendidikan minimal D-3 Analis Laboratorium Klinik.

10. PENGAWASAN INTERNAL

 

 

:

Dilakukan oleh :

1.     Kepala Puskesmas

2.     Tim Mutu Puskesmas

3.     Tim Audit Internal Puskesmas

11. JUMLAH PELAKSANA

:

Dua orang petugas laboratorium.

12. JAMINAN PELAYANAN

 

 

:

Pasien mendapatkan pelayanan sesuai standar operasional prosedur (SOP) yang telah ditetapkan dan diberikan oleh petugas yang berkompeten.

13. JAMINAN KEAMANAN DAN KESELAMATAN PELAYANAN

:

1.     Keamanan, keselamatan, dan kenyamanan sesuai dengan 6 Sasaran Keselamatan Pasien.

2.  Pelayanan sangat diutamakan bebas dari pungutan liar.

14. EVALUASI KINERJA PELAYANAN

:

1.     Mini Lokakarya Bulanan

2.     Survei Kepuasan Masyarakat

3.     Kotak Saran